SMK NUSATAMA PADANG

Jl. Pramuka IIC No. 2 Khatib Sulaiman Padang

SMK Bisa

Praktek Mengkafani Jenazah dan Sholat Jenazah bagi Siswa/Siswi pada Kegiatan Pesantren Ramadhan 1442 H/ 2021 M

Selasa, 04 Mei 2021 ~ Oleh Apri Yolla Mulya Sartika, S.Pd ~ Dilihat 78 Kali

Selasa, 04 Mei 2021 Siswa/Siswi kelas X dan XI melaksanakan kegiatan praktek mengkafani bagi siswi perempuan dan praktek sholat jenazah bagi siswa laki-laki. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMK Nusatama Padang. Pelaksanaan praktek tersebut bertujuan agar siswa/siswi mengetahui, menguasai serta dapat memahami mengenai konsep-konsep tata cara mengkafani jenazah dan sholat jenazah. 

Tata cara sholat jenazah dimulai dari posisi berdiri, niat, takbir pertama membaca surat Al-Fatihah, takbir kedua membaca shalawat Nabi Muhammad SAW, takbir ketiga dan keempat membaca do'a serta yang kelima yaitu salam. Pentingnya melaksanakan praktek ini tentunya lebih efektif dan efisien karena siswa dapat mempraktekkan sholat secara langsung.

Kegiatan berikutnya dilakukan oleh siswi perempuan yaitu praktek mengkafani jenazah. Adapun tata cara mengkafani jenazah yaitu: membentangkan tali pengikat kain kafan secukupnya, membentangkan lapis pertama kain kafan, membentangkan lapis kedua kain kafan, membentangkan lapis ketiga kain kafan, meletakkan jenazah pada kain kafan, tutup menggunakan kain kafan lapis ketiga dari sisi kiri ke kanan, lalu dari sisi kanan ke kiri, tutup menggunakan kain kafan lapis kedua dari sisi kiri ke kanan lalu dari sisi kanan ke kiri, tutup mrnggunakan kain kafan lapis pertama dari sisi kiri ke kanan lalu dari sisi kanan ke kiri, kemudian mengikat jenazah dengan tali.

Praktek mengkafani dan sholat jenazah seperti yang tertera di atas bukanlah hal yang mudah sehingga harus dipahami dan diperhatikan dengan seksama. Setiap kelompok yang sudah melaksanakan praktek nantinya akan diberi evaluasi oleh guru pembimbing agar kesalahan yang dilakukan bisa diperbaiki kedepannya. Berikut adalah dokumentasi kegiatan praktek siswa/siswi SMK Nusatama Padang :

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT