SMK NUSATAMA PADANG

Jl. Pramuka IIC No. 2 Khatib Sulaiman Padang

SMK Bisa

Ujian Simulasi ANBK Siswa/Siswi SMK Nusatama Padang T.P 2021/2022

Senin, 30 Agustus 2021 ~ Oleh Kiki Amelia Putri, S.Pd ~ Dilihat 767 Kali

Tahun 2021 Kemendikbud secara resmi akan mengganti Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN). AN terdiri atas 3 bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Untuk itu SMK Nusatama Padang melaksanakan Simulasi Asesmen berbasis komputer (ANBK) secara online.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar siswa yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar. Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Asesmen Nasional bertujuan untuk pengembangan kompetensi dan karakter siswa (Anbk.kemendikbud.go.id)

Ujian simulasi bertujuan untuk memperkenalkan bentuk soal ANBK yang berupa soal AKM, survei karakter, survei lingkungan belajar dan cara menggunakan perangkat komputer agar saat pelaksanaannya siswa dapat melaksanakan dengan lancar dan sukses. Ujian simulasi ANBK dilaksanakan dalam 1 sesi di labor komputer SMK Nusatama Padang. Ujian ini diikuti oleh siswa kelas XI sebanyak 50 orang yang telah dipilih sesuai kesepakatan guru. Berikut dokumentasi ujian simulasi yang dapat dilihat di bawah ini :

 Dukumentasi : Rahmat Hidayat, S.Pd

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT