SMK NUSATAMA PADANG

Jl. Pramuka IIC No. 2 Khatib Sulaiman Padang

SMK Bisa

Jasa Boga

Kamis, 24 Mei 2018 ~ Oleh Kiki Amelia Putri, S.Pd ~ Dilihat 1338 Kali

Nama Program Keahlian : Jasa Boga (JB)
Tahun dibuka : 2018
Status Akreditasi : -

Jasa Boga adalah Kompetensi Keahlian yang berada di bawah Program Studi Keahlian Tata Boga, Bidang Studi Keahlian Pariwisata. Kompetensi Keahlian Jasa Boga memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik di bidang pengolahan, penyajian dan pelayanan makanan dan minuman. Kompetensi keahlian jasa boga menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan atau instansi pariwisata, hotel, restoran, catering serta rumah sakit, serta menyiapkan peserta didik untuk menjadi entrepreneur di bidang usaha penyediaan makanan.

Program Keahlian Jasa Boga merupakan program keahlian yang paling terbaru di SMK Nusatama Padang yang mulai berdiri sejak tahun angkatan 2018/ 2019 bidang keahlian jasa boga ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar berkopeten dalam :

Mengolah dan menyajikan makanan kontinental dan Indonesia, baik dari makanan pembuka sampai makanan penutup berdasarkan kebutuhan gizi dan dapat di komersilkan.
Mengelola usaha boga yang terdiri dari usaha Paistry, Bakery, Cafetaria dan Restaurant
Serta mengorganisir makanan dan minuman baik di buffet, snack box, cafeteria, cake shop, restoran maupun acara-acara yang membutuhkan hidangan dalam jumlah besar.

Teknik pengajaran lebih ditekankan pada kegiatan praktek setiap hari, yang lebih mengutamakan teknik pengolahan produk makanan berstandart internasional, dengan harapan Program Keahlian Jasa Boga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan di bidang kuliner dan profesionalisme dalam bekerja dibidangnya serta memiliki sikap yang baik.

Lulusan program keahlian Jasa Boga dipersiapkan untuk dapat langsung terjun di dunia usaha dan dunia industry seperti perhotelan, rumah makan, restaurant serta juga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.