SMK NUSATAMA PADANG

Jl. Pramuka IIC No. 2 Khatib Sulaiman Padang

SMK Bisa

WORKSHOP PELATIHAN MANDIRI KURIKULUM MERDEKA MELALUI APLIKASI MERDEKA MENGAJAR

Kamis, 25 Januari 2024 ~ Oleh Kiki Amelia Putri, S.Pd ~ Dilihat 226 Kali

Pada tangal 23 Januari 2024 SMK NUSATAMA PADANG telah melaksanakan Workshop Kurikulum Merdeka Melalui Aplikasi Merdeka Mengajar. Acara ini dihadiri oleh semua guru. Aplikasi ini digunakan sebagai pendukung bagi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka serta membantu guru menjalankan tugasnya sebagai pendidik. Oleh karena itu, setiap guru harus menyadari bahwa selain mengajar, guru juga memiliki tugas tambahan yaitu belajar secara terus menerus agar menjadi guru yang berkualitas. Dalam aplikasi PMM terdapat fitur fitur pendukung untuk disaksikan dan dikerjakan secara mandiri oleh setiap guru. Guru juga mendapatkan E-Sertifikat pelatihan yang dapat diunduh di laman platform merdeka mengajar setelah menyelesaikan pelatihan mandiri di Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Dalam pelaksanaan workshop, guru diajak untuk mengakses aplikasi Merdeka Mengajar melalui Laptop atau Smartphone masing masing. Setiap guru memiliki kewajiban untuk menyelesaikan topik Pelatihan Mandiri, dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Mempelajari dan menyelesaikan semua modul yang ada dalam topik yang muncul di aplikasi PMM, yang mana dalam setiap modul memiliki materi, aktivitas, serta Post Test yang perlu dipelajari dan dikerjakan.
  2. Melaksanakan Aksi Nyata untuk mendemonstrasikan pemahaman dari semua modul yang Anda pelajari dalam satu topik. Kemudian, tuangkan Aksi Nyata ke dalam dokumen tertulis dalam format PDF (maksimal 10 MB) dan unggah ke platform Merdeka Mengajar.

Semoga dengan adanya Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi guru dan tenaga kependidikan, khususnya di SMK Nusatama Padang dalam memperkuat implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT