SMK NUSATAMA PADANG

Jl. Pramuka IIC No. 2 Khatib Sulaiman Padang

SMK Bisa

Uji Kompetensi Kejuruan(UKK) SMK Nusatama Padang

Kamis, 29 Februari 2024 ~ Oleh Kiki Amelia Putri, S.Pd ~ Dilihat 70 Kali

Terlakasananya UKK di SMK Nusatama Padang yang diikuti seluruh siswa kelas XII semua jurusan (AKL, OTKP, PHT dan Tata Boga) yang bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan siswa yang didapat selama 3 tahun belajar di SMK Nusatama Padang. 

 

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. 

UKK ini bukanlah suatu proses akhir melainkan hanya sebagian kecil klasifikasi keahlian dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Terlihat siswa-siswi SMK Nusatama Padang sangat antusias dalam melaksanakan UKK yang sedang berlangsung.

Pengawas UKK yaitu internal dan eksternal. Internal yaitu guru-guru pengajar dan kepala program tiap jurusan. Pengawas eksternal di antaranya IAMAPA dan AXANA HOTEL. Dari aspek yang memengaruhi penilaian yaitu antara lain adalah keselamatan, kemampuan, kerapihan, proses pengerjaan, pengetahuan siswa, lama waktu siswa menyelesaikan saat UKK sedang diujikan  UKK yang dijalani kurang lebih seminggu  sangat menguji keterampilan kita” Di mana kita mempertanggungjawabkan selama belajar 3 tahun dalam jurusan produktif yang dipilih

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT